Air Terjun di Poso Yang Recommended Banget

Air Terjun Saluopa mempunyai keunikan yang tidak dimiliki air terjun lainnya. Air terjun Poso yang satu ini memiliki julukan Air Luncur Saluopa, terdiri dari dua belas tingkat dimana di setiap tingkat terdapat kolam kecil. Indonesia memiliki keindahan alam yang sungguh luar biasa, panorama yang dimilikinya selalu menarik hati siapa saja yang melihatnya. Kokohnya gunung, indahnya lautan, serta air terjun yang menenangkan merupakan sebagian kecil dari kekayaan alam yang dimiliki negeri tercinta ini.

Khususnya air terjun, Indonesia memiliki beberapa air terjun bertingkat yang sangat indah, hadir dengan ciri khasnya masing-masing.

Salah satu air terjun indah di Indonesia ialah Air Terjun Saluopa yang terletak di Poso, Sulawesi Tengah. Konon katanya air terjun yang satu ini merupakan air terjun terindah yang ada di Indonesia bahkan dunia. Berikut artikel tentang Air Terjun Saluopa selengkapnya, sebagai referensi awal wisata air terjun di Poso yang recommended banget.

Lokasi Air Terjun Saluopa

Lokasi Air Terjun Saluopa berada di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.
Air terjun indah bertingkat 12 ini terletak di sebuah desa yang berjarak 12 KM arah barat kota Tentena.
Rute Air Terjun Saluopa
Rute menuju Air Terju Saluopa jika kamu berangkat dari Palu, Ibukota Provinsi Sulawesi tengah akan memakan waktu sekitar 5 hingga 7 jam menuju Poso dengan melewati jalur darat.

Atau jika hendak menggunakan togel pesawat terbang bisa terbang dari Makassar langsung menuju Poso. Kemudian dilanjutkan dengan melalui jalur darat menuju Tentena.

Dengan estimasi waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam, kemudian dilanjutkan dengan mengarahkan kendaraan menuju lokasi dimana air terjun tersebut berada.

Kamu akan melewati sebuah danau bernama Danau Poso, yang menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah. Danau ini merupakan danau terbesar ke-4 di Indonesia loh.

Trekking Air Terjun Saluopa

Setelah memakirkan kendaraan, untuk menuju lokasi Air Terjun Saluopa kamu harus melanjutkannya dengan berjalan kaki menembus hutan tropis yang sangat sejuk.

Jarak yang ditempuh dari pintu masuk hanya sekitar 500 meter saja, dimana kamu akan melewati pepohonan rindang serta suara serangga yang ikut mengiringi perjalananmu.

Saking takjubnya dengan hamparan alam yang tersaji, tanpa terasa Air Terjun Saluopa sudah di depan mata.

Jam Buka Air Terjun Saluopa
Jam operasional Air Terjun Saluopa dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 waktu setempat.

Leave a Reply