Cara Membuat Kipas Dari Stick

Ada begitu banyak siswa sekolah yang telah diajarkan untuk membuat kipas kertas sederhana selama bertahun-tahun. Dalam bentuk yang paling sederhana, kipas kertas bisa dibuat dari hanya selembar kertas. Ada pula beragam variasinya. Kipas kertas yang dilipat, kipas kertas yang ditumpuk, dan kipas foto hias seluruhnya bisa dibuat sederhana secara elegan, atau penuh dengan hiasan untuk menggambarkan selera pribadi Anda.

Membuat Kipas Kertas Sederhana

Letakkan selembar kertas, kertas dinding, atau kertas karton berukuran 21,6 x 27,9 cm menghadap ke bawah di meja. Anda bisa menggunakan kertas yang berukuran lebih besar, tetapi kertas ukuran ini akan lebih mudah ditemukan dan dibuat menjadi kipas. Arahkan posisi kertas secara memanjang, sehingga tampak meninggi, bukan melebar. [1]

  • Berlatihlah dengan kertas putih biasa atau kertas bekas saat rumus togel mulai belajar. Anda kemudian bisa menggantinya dengan kertas hias setelah menguasai tekniknya.

Buatlah garis lipatan tipis di atas kertas Anda. Menggunakan pensil dan penggaris, gambarkan garis-garis vertikal yang berjarak 2 hingga 2,5 cm. Garis ini harus dibuat lurus memanjang dari ujung bawah hingga ujung atas kertas.

  • Untuk membuat kipas yang lebih besar, ubah jarak antar garis sesuai dengan ukuran kertas. Kipas yang lebih kecil bisa dibuat dengan lipatan yang lebih kecil juga, sehingga hasilnya tampak lebih detail.

Lipat kertas sesuai garis. Lipat pada garis pertama, dengan membawa sisi kanan kertas ke arah Anda. Gunakanlah alat bantu lipat (bone folder) untuk menekan kuat lipatan kertas. Sekarang seharusnya Anda mendapatkan sebuah puncak. Lipat pada garis selanjutnya. Lipatlah ke arah yang berlawanan dengan lipatan pertama, tekan lipatan dengan alat bantu lipat. Anda sekarang seharusnya mendapatkan cekungan pada kertas, atau sebuah lembah.

Lanjutkan melipat kertas Anda bolak balik. Anda akan mulai melihat cekungan dan puncak kertas. Posisi keduanya akan tampak bergantian di antara gunung dan lembah kertas.

Satukan bagian bawah kertas. Anda harus memegang bagian yang disatukan dengan jari Anda, sementara lipatan vertikal kertas membuka ke atas. Biarkan kipas kertas terbuka.

Ikat bagian bawah lembaran kertas yang terlipat dengan selotip yang kuat. Atau pilihan lainnya, Anda bisa merekatkan setiap lipatan dengan lipatan sebelahnya menggunakan lem. Oleskan lem di sepanjang bagian bawah kertas yang Anda satukan.

  • Jika Anda menggunakan lem, biarkan mengering sempurna sebelum membuka kipas.

Buka lipatan pada bagian atas kertas. Anda sekarang bisa menggunakan kertas ataupun menghiasnya.

Leave a Reply